Cari Blog Ini

Selasa, 03 Januari 2012

Bioinformatic of Aquaculture

Apakah Bioinformasi itu? apakah ilmu tersebut adalah perpaduan antara ilmu Biologi dengan ilmu komputer? jawabannya adalah iya..
benar sekali. Bioinformatika (bahasa Inggris: bioinformatics) adalah (ilmu yang mempelajari) penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Contoh topik utama bidang ini meliputi basis data untuk mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.
untuk lebih lengkapnya silahkan klik disini
Dan apakah hubungan Bioinformasi itu dengan dunia perikanan yang khususnya Budidaya?
 Dengan meningkatnya perkembangan ilmu teknologi yang canggih maka dalam ilmu perikanan dapat digabungkan dengan ilmu Bioteknologi. supaya lebih jelasalankah baiknya apabila kita tahu apa itu Aquaculture? Budidaya secara harfiah berarti pemeliharaan Dalam konteks perikanan, berarti:
Kegiatan pemeliharaan segala jenis sumber daya perikanan yang dilakukan oleh manusia dalam lingkungan terkontrol untuk tujuan kesejahteraan manusia.
untuk lebih lengkapnya silahkan klik disini

                      KLONING cDNA HORMON PERTUMBUHAN DARI IKAN GURAME
                                                         (Osphronemous gouramy)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh sekuens DNA komplemen (complementary DNA, cDNA) hormon pertumbuhan sebagai lankah awal dalam rangka pengembangan teknologi rekayasa genetik ikan gurarimi, dan untuk mengetahui pola distribusi dan ortogeni ekspresi gen GH ikan gurame
Ikan gurame (Osphronemous gouramy) merupakan ikan yang memiliki harga jual tinggi, namun ikan tersebut mempunyai pertumbuhan yang sangat lambat. oleh kerena itu menuntut berbagai pihak untuk melakuakn suatu tindakan yaitu dengan cara pertumbuhan hormon (Growth hormone, GH ) yaitu merupakan hormon yang disekresikan oleh somatotrof dari kelenjar pituitari. GH mempunyai peranan pentinga dalam pertumbuhan dan pembelahan dengan cara mendukung proses pembelahan, diferensiasidan pembelahan ukuran sel.

Pentingnya GH pada proses budidaya adalah agen pengatur pertumbuhan dan potensi aplikasi industri dalam dunia perikanan. seperti hasil penelitian berikut ini pemberian GH dapat meningkatkan laju pertumbuhan dengan tingkat yang bervariasi jenis ikan dan telah dibuktikan bahwa pemberia GH pada ikan gurame (Osphronemous gouramy), maka ikan tersebut masih layak untuk dikonsumsi. Tetapi akhir- akhir ini para ahli transgenetis memilih untuk menggunakan konstruksi gen dengan komponen penyusun semuanya dari ikan (all - fish genc cinstruct). Salah satu komponen dari all fish genc construct adalah cDNA GH dari ikan.
pada penelitian ini didapatkan hasil sebagai berikut:

kesimpulan: 
1. Pemberian GH pada ikan Gurame (Osphronemous gouramy) dapat mempercepat laju pertumbuhannya.
2. all fish genc construct merupakan Salah satu komponen dari cDNA GH dari ikan.

referensi:
1.  http://id.wikipedia.org/wiki/Bioinfor matika
2.  http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100327061450AAGmYhs
3.  http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/3208183190.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar